Mom's Journal

view things in evidence view

Amalan Sunnah Menuju Surga: Shadaqah Sunnah

giving

Lagi beres-beres kamar, tiba-tiba terkumpullah setumpuk kerta-kertas berisi ilmu agama yang selama ini ternyata tercecer setelah dibagikan dulu. Sayang banget ya, akhirnya kupikir lebih baik kutulis ulang saja ya.. soalnya kalau kerta-kertas gitu bikin berantakan dan rawan rusak, robek, dll. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Salah satu amalan sunnah yang dapat mengantarkan kita pada surga-Nya di akhirat kelak adalah shadaqah sunnah. Hal ini berdasarkan hadist mutafaq’alaih dari Abi Hurairah, ia berkata, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda:

“Barang siapa bershadaqah senilai satu kurma dari usaha yang baik (halal), maka Allah akan menerima shadaqahnya itu dnegan tangan kanannya, kemudian mengembangkan untuk orang yang bershadaqah sebagaimana salah seorang dari kalian mengembangbiakkan anak kambingnya hingga menjadi seperti gunung.”

Berdasarkan hadist mutafaq’alaih dari Adiy bin Hatim, ia berkata: aku mendengan Rasulullah saw bersabda:

“Tidaklah salah seorang diantara kalian kecuali akan diajak bicara Allah dengan tanpa penerjemah, Kemudian ia melihat ke sebelah kanannya, maka ia tidak melihat kecuali apa yang telah ia lakukan di dunia. Dan ia melihat ke depannya, maka ia tidak melihat kecuali neraka di depannya. KArena itu jagalah diri kalian dari neraka meski dnegan sebutir kurma.”

Juga berdasarkan hadisr dengan sanad shahih dari Jabir dan Abi Ya’la yang disahihkan oleh Hakim dan disetujui oleh Adz-Dzahabi, sesungguhnya ia mendengar Rasulullah saw bersabda kepada Kaab bin Ajrah:

“Wahai Kaab bin Ajrah, shalat adalah pendekatan kepada Allah, puasa adalah perisai, dan shadaqah akan menghapus kesalahan sebagaimana air memadamkan api..”

Sebaik-baiknya shadaqah adalah shadaqah yang tersembunyi, berdasarkan hadizt mutafaq’alaih dari Abi Hurairah tentnag tujuh golongan yang akan dinaungi oleh naungan Allah. Rasullullah saw menyebutkan diantara mereka adalah:

“Seseorang yang bershadaqah kemudian ia menyembunyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah diinfakkan dengan tangan kanan.”

Begitu juga shadaqah kepada kerabat termasuk shadaqah yang utama berdasarkan hadist mutafaq’alaih dari Zainab ars-Tsafaqiyyah, ia berkata, Rasulullah saw bersabda:

Kedua orang itu (orang yang bersedekah kepada kerabat) akan mendapat dua pahala yaitu pahala kekerabatan dan pahala shadaqah”

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Januari 10, 2013 by in my dien is Islam ^_^.

Navigasi

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: